家で日本語を教える [Uchi de nihon go o oshieru] Mengajar Jepangnya #dirumahaja

Senin pekan lalu, saya masih datang ke sekolah seperti biasanya. Masih dengan jam masuk yang sama, bertemu dengan orang-orang yang sama. Hal yang berbeda hanyalah di gerbang sekolah tempat mengajar. Sebelum masuk harus menggunakan hand sanitizer dan dicek suhu tubuhnya. Suhu 37,2 keatas dilarang masuk ke sekolah. Syukurlah suhu tubuhku hanya 36, 5. Yah..suhunya terbilang masih normal.

Kami di sekolah memulai breafing pagi bersama pimpinan dan rekan-rekan guru. Di-breafing pagi dibahas persiapan untuk mengajar #dirumahaja. Semua siswa sudah diliburkan. Hari ini yang datang hanya pimpinan, guru dan karyawan. Semua diminta memfasilitasi pembelajaran siswa dirumah melalui online. Saya mempersiapkan  aplikasi kelas online bahasa Jepang, mempersiapkan materi dan bahan ajar kelas Online..seperti menyiapkan E-Book, PPT [dikarena beberapa siswa lupa buku di loker], dan sudah tidak dapat datang ke sekolah mengantisipasi penyebaran covid 19. Saya memilih Google Classroom dan Google Meet [Handouts Meet].

Beberapa orang bertanya kepada saya. "Kenapa ngajar bahasa Jepangnya tidak pakai aplikasi Zoom?. Kan fiturnya lebih lengkap".
Untuk tingkat SMA, saya membiarkan mereka memilih aplikasi meeting yang mereka ingin gunakan. Alasannya beberapa siswa telah memiliki kedua aplikasi tersebut. 
Namun, di tingkat SMP saya lebih memilih Google Meet. Alasannya adalah fitur yang lebih sederhana membuat mereka tidak kesulitan menggunakan aplikasi meeting tersebut. Alasan kedua adalah, saya memiliki papan tulis serta alat peraga lainnya di rumah.. sehingga membuat mereka serasa di sekolah 😊

Kedua aplikasi ini memiliki kelebihannya masing-masing, digunakan tergantung kebutuhan kita dalam pembelajaran online.

Aplikasi apapun yang digunakan, semoga dapat memberikan hak siswa memperoleh pembelajaran, serta tidak terlalu memberatkan siswa dalam tugas-tugas. 
Saya pun bersedia menerima kritik dan saran dari siswa terkait pembelajaran di kelas. Demi pembelajaran yang mencerdaskan dan menyenangkan #dirumahaja
がんばって
Ganbatte 

Komentar

  1. bermanfaat banget nih kalo ada pengajaran bahasa Jepang kayak gini, keep writing kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog ini hidup kembali setelah dapat motivasi dari kak grandys, kak Jee Luvina, serta tim nulisyuk . Tetap selalu menginspirasi. Ganbatte がんばって💪✨

      Hapus

Posting Komentar