きょうしつ [Kyoushitsu] Ruang Kelas #dirumahaja


Saat pertama kali pakai Google Meet dengan siswa ada yang nyeletuk "Wih..sensei total kelas online-nya" . Ini sengaja saya atur sedemikian rupa,  agar siswa tidak jenuh hanya diberikan tugas saja. Banyak yang saya persiapkan untuk kelas online #dirumahaja antara lain :
  • Kuota 
Kuota yang dibutuhkan untuk sekali melakukan pembelajaran menggunakan “Meet” selama satu jam sekitar 500MB. Jadi akhinya saya membeli paket kuota 1 GB / Hari agar kuotanya mencukupi untuk melakukan pembelajaran online yang efektif.
  • Laptop 
Laptop saya gunakan untuk melihat materi yang sebelumnya sudah dicatat oleh siswa. Sebenarnya jika kita menggunakan aplikasi “Zoom”, kelebihannya adalah kita dapat melakukan Share Screen. Sehingga siswa dapat melihat layar laptop yang kita gunakan.
  • Hp
Hp adalah benda yang dapat ditiadakan dalam kelas online, jika kita langsung online menggunakan laptop. Tetapi saya menggunakan HP saat kelas online, alasannya adalah kamera HP yang lebih jernih. sehingga dapat membuat kelas online terlihat lebih terang.
  • Meja Kecil
Meja kecil ini sebagai penyangga papan tulis, agar posisi papan tulis nyaman untuk dilihat siswa kelas online.
  • Taplak Meja
Taplak meja hanyalah sebuah penghias, namun dapat mempercantik tampilan kelas online
  • Spidol
Spidol yang digunakan sebaiknya sudah diisi tinta dan dites sebelumnya, karena tinta spidol yang habis dapat menghambat kelas online.
  • Papan Tulis
Papan tulis saya gunakan karena Google Meet tidak memiliki fitur Share Screen, sehingga saya harus menjelaskan materi langsung menggunakan papan tulis. Hal ini juga saya lakukan agar pembelajar online dapat serasa di rumah
  • Penghapus Papan Tulis
Ini benda kecil namun sangat penting. Kelas online akan terlihat lebih profesional jika dihapus menggunakan penghapus papan tulis. Bukan menggunakan tisu atau kertas.
  • Kabel Sambungan dan Charger
Kalau melakukan kelas online, kita juga harus menyiapkan benda yang satu ini. Karena HP dan Laptop yang digunakan untuk kelas online lebih menguras baterai, sehingga kita harus siapkan kabel sambungan untuk mengisi daya HP dan Laptop.

Secanggih apapaun kelas online, tetap rasa rasanya akan berbeda jika langsung mengajar di kelas. Kita tidak akan bisa menghampiri dan memotivasi siswa secara langsung. Rata-rata akan langsung mengatakan paham, apalagi jika melihat durasi online hampir selesai. Kelas online durasinya belajarnya memang lebih sedikit, daripada belajar seperti biasa di kelas yang sesungguhnya.

Minasan, Ganbatte
みなさん、がんばって

Komentar